Phone / Whatsapp

0857 4065 2657 (Mashudy)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Hardness Tester : Instrument Jitu untuk Uji Kekerasan (Hardness Test)

Hardness tester digunakan sebagai alat bantu untuk mengetahui nilai kekerasan pada suatu material. Hal ini dikarenakan tingkat kekerasan pada suatu material memang tidak bisa diukur hanya mengandalkan insting saja. Maka, harus dilakukan suatu pengujian yang disebut uji kekerasan atau hardness tester. Pengujian ini bisa dilakukan untuk bermacam-macam benda dengan berbagai spesifikasi dan ukuran. Tujuan dari uji kekerasan yaitu untuk mengetahui karakteristik, ketahanan, dan kekerasan suatu material atau objek yang diuji.

Kekerasan (Hardness) itu sendiri merupakan suatu sifat mekanik (Mechanical Properties) yang ada pada material atau benda. Ukuran sifat mekanis yang terdapat pada material bisa diketahui dari Deformasi Plastis yaitu sebuah deformasi yang diberikan pada material kemudian setelah dilepaskan permukaan material tidak kembali seperti semula.

Hardness Tester

 

Dalam menjalankan pengujian kekerasan, dibutuhkan sebuah alat atau instrument pengujian yang disebut Hardness Tester. Dengan menggunakan alat ini maka karakteristik pada material bisa diketahui dengan pasti, selain itu alat ini juga bisa digunakan untuk cek kualitas material untuk memastikan jika material yang diuji sudah sesuai dengan standarisasi.

Hardness Tester ini dapat membantu suatu industry dalam melakukan uji kekerasan dengan mudah sesuai dengan metode pengujian kekerasan yang ada yaitu Brinell, Rockwell, Vickers, dan Micro Hardness.

Brinell Hardness Test

Pengujian menggunakan metode Brinell menggunakan bola baja bulat yang digunakan sebagai indentor. Cara pengujiannya, bola baja diletakkan diatas material atau benda uji kemudian ditekan.

Rumus yang digunakan yaitu :

HB = Hasil akhir pengujian yang menggunakan metode Brinell (Brinell results)

P = gaya tekan (kg)

D = Diameter Bola (mm)

d = Diamter tekanan bola (mm)

Rockwell Hardness Test

Metode rockwell menggunakan bola baja (indentor) yang bentuknya kerucut. Cara pengujian menggunakan metode ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, bola baja ditekan pada material yang diuji kemudian diukur dan dianalisa menggunakan rumus :

HR = E – e

HR = Nilai kekerasan yang didapat menggunakan metode Rockwell

E = Jarak antara material dengan indentor ketika diberikan zero reference line dan minor load

e = Jarak antara kondisi 1 dengan kondisi 3 dibagi 0,002 mm

 

Vickers Hardness Test

Metode pengujian kekerasan Vickers menggunakan indentor berupa pyramid kecil. Biasanya, metode ini digunakan untuk menguji material yang memiliki permukaan lunak atau tipis ( 5 HV ) hingga material yang permukaannya keras ( 150 HV ) tanpa harus mengubah pengaturan skala penekanan pada material yang diuji.

Micro Hardness Test

Sesuai dengan Namanya, metode pengujian ini dilakukan untuk menguji material yang permukaannya sangat tipis. Metode ini menggunakan skala beban pengujian 1 sampai 1000 gram.

Dengan menggunakan Hardness tester semua metode pengujian diatas bisa dilakukan dengan muda dan memberikan hasil pengukuran yang akurat.

Testing Indonesia sebagai perusahaan yang menjual berbagai alat pengujian menjual Hardness Tester dan Portable Hardness Tester dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau.

Informasi pemesanan silakan hubungi kami di nomor Telepon: (021) 29563045, Whatsapp: 0857 4065 2657, Email: sales@tesingindonesia.com atau chat dengan tim kami melalui fitur chatting yang ada di pojok bawah website ini.




Produk Terkait dengan artikel Hardness Tester : Instrument Jitu untuk Uji Kekerasan (Hardness Test)

Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Hardness Test Stand NOVOTEST
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Shore Durometer NOVOTEST TS-A
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Digital Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV-D
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV
Analog Brinell, Rockwell, Vickers Hardness Tester NOVOTEST TB-BRV