Phone / Whatsapp

0822 5870 6420 (Anto)

0821 1460 7782 (Faoji)

0823 1173 8960 (Fajar)

Phone Office

+62-21 29563045







Peran Load Cell pada Jembatan Timbang

Mungkin anda pernah melihat jembatan besar yang sering dilewati truk yang ada di pabrik atau gudang container, jembatan tersebut adalah jembatan timbang yang berfungsi untuk mengukur muatan truk yang akan masuk. Jembatan ini berfungsi untuk mengukur berbagai macam jenis muatan seperti hasil perkebunan, batu bara, matrial, dan lainnya.

Tujuan dari penimbangan muatan ini adalah untuk mengetahui keakuratan isi dan berat muatan dengan data yang diberikan oleh pengemudi truk. Dengan begitu, tingkat kecurangan dapat diminimalisir. Pada jembatan timbang terdapat load cell yang berfungsi sebagai penyangga dan juga sensor untuk mengukur berat muatan.

Jembatan Timbang yang Menggunakan Load Cell

Prinsip kerja untuk pengukuran pada load cell menggunakan prinsip tekanan dengan menggunakan strain gage sebagai sensor. Strain gage merupakan transducer pasif yang dapat mengubah pergeseran mekanis menjadi perubahan tahanan. Hal ini dapat terjadi karena adanya tekanan yang berasal dari beban yang ditimbang.

Perubahan tahanan sama besar dengan perubahan regangan, kemudian perubahan ini diukur menggunakan jembatan wheatstone, kemudian hasil pengukurannya ini dikonversikan menjadi bentuk digital yang nantinya bisa ditampilkan melalui layar monitor.

Beberapa komponen yang terdapat pada jembatan timbagan yaitu :

Indicator Jembatan Timbang

Fungsi dari indicator untuk mengetahui dan membaca berat muatan dari truk yang ditimbang. Indicator merupakan komponen atau bagian yang sangat penting karena memiliki peran pengukuran awal pada jembatan timbang.

Load Cell

Komponen load cell biasanya disebut dengan sensor jembatan timbang. Peletakan load cell ini berada diantara pondasi dan konstruksi jembatan timbang. Pada umumnya, load cell terbuat dari bahan alloy stell dan stainless stell.

Konstruksi Jembatan Timbang

Berbeda dengan jembatan pada umumnya, konstruksi jembatan timbang ini terbuat dari bahan plat dan besi yang sudah didesain khusus sebagai alat timbang dan juga telah melewati tahap sertifikasi pengukuran.

Pondasi Jembatan Timbang

Sedangkan untuk pondasinya tidak jauh berbeda dengan pondasi pada umumnya yaitu menggunakan cor beton. Namun, untuk bagian dasarnya menggunakan base plate yang berfungsi untuk menahan loadcell dan kosntruksinya.

Software dan Printer

Software yang digunakan pada jembatan timbang menggunakan software khusus yang dibuat untuk mengukur dan menganalisa muatan yang ditimbang. Pada software tersebut dapat terekam data material pada muatan truk yang lewat. Sedangkan printer untuk mencetak hasil perekaman data dari software yang dikonversikan menjadi nilai digital.

Testing Indonesia sebagai perusahaan penyedia peralatan pengujian menjual Load Cell dengan kualitas terbaik. Jika anda berminat, silakan hubungi kami melalui nomor telpon yang tertera di website ini, atau bicara langsung dengan tim kami melalui fitur chating yang ada di pojok bawah website ini.




Produk Terkait dengan artikel Peran Load Cell pada Jembatan Timbang

Load Cells (VW)
Load Cells (VW)
Load Cells (Electrical Resistance)
Load Cells (Electrical Resistance)
Tension Load Cells (VW)
Tension Load Cells (VW)
Instrumented Rockbolts (VW)
Instrumented Rockbolts (VW)