Mengenal Inclinometer sebagai Instrumen Monitoring Geoteknik

Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, urbanisasi, dan pembangunan, banyak kegiatan konstruksi yang semakin fokus terhadap perilaku tanah. Apalagi dengan kondisi tanah yang beragam dan tidak selalu sama pada masing-masing areal konstruksi sehingga mengharuskan ketelitian dalam perencanaan dan pelaksanaan konstruksi itu sendiri. Untuk mengatasi kondisi tanah yang tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka di perlukan sebuah instrumen untuk mengukur pergerakan tanah, instrumen tersebut bernama Inclinometer.

Konstruksi Tanah

Apa itu Inclinometer ?

Inclinometer ialah termasuk alat instrumen monitoring geoteknik yang memiliki fungsi membaca pergerakan tanah (kemiringan tanah). instrumen ini dipasang didalam pipa inclino dengan panjang lebih dari 20meter, pipa ini bersifat elastis yang mampu melindungi istrumen pada saat ditanam didalam tanah.

Berikut ini cara instalasi Pemasangan Casing Inclinometer

Prinsip Kerja Inclinometer:

Yaitu dengan menanamkan “casing Inclinometer” sedalam ketentuan yang telah ditentukan dan diasumsikan akan terjadi pergerakan untuk mendapatkan informasi pergerakan pada kedalaman tertentu, saat terjadi pergerakan maka profil casing yang telah tertanam akan mengikuti pergerakan yang akan terjadi, maka dari itu kita mengetahui besarnya pergerakan, dan arah pergerakan yang terjadi untuk kemudian kita monitoring pergerakan tanah dengan menggunakan alat Mens Digital Inclinometer. Proses pengambilan data dilakukan sesuai dengan prosedur dan quantitynya disesuaikan permintaan oleh konsultan.

 




Produk Terkait dengan artikel Mengenal Inclinometer sebagai Instrumen Monitoring Geoteknik

Horizontal In-Place Inclinometer (MEMS)
Horizontal In-Place Inclinometer (MEMS)
In-Place Inclinometer (VW)
In-Place Inclinometer (VW)
Glue-Snap ABS Inclinometer Casing
Glue-Snap ABS Inclinometer Casing
In-Place Inclinometer Systems (MEMS)
In-Place Inclinometer Systems (MEMS)